only me..

Minggu, 25 Maret 2012

Kesehatan


SAVE THE EARTH

Kita sering melihat dan mengetahui sikap dan perilaku masyarakat yang ada di sekitar kita, terhadap lingkungan hidup yang ada dewasa ini, sudah sangat mengkhawatirkan. Seolah-olah kita semua dapat hidup tanpa harus bergantung kepada kualitas lingkungan yang kita tempati.

Ada sebuah kesan bahwa melestarikan alam dan lingkungan hidup, tidak dipandang sebagai bagian dari melaksanakan ajaran agama yang kita anut. Pada hal dalam kitab Suci Al Qur’an dan Hadist, banyak sekali mengingatkan kepada kita tentang perlunya pelestarian alam, agar kehidupan umat itu seimbang.

Lingkungan hidup adalah ciptaan Allah, maka dengan melindunginya, berarti juga melestarikan nilai-nilai sebagai tanda kebesaran Sang Pencipta. Pandangan yang menganggap bahwa untuk manusialah segala keuntungan yang didapat dari lingkungan dapat menyebabkan penyalahgunaan dan pengrusakan lingkungan.

Dalam Kitab Suci Al Qur’an Surah Ar Rum, ayat 41 Allah SWT jelas-jelas sudah memperingatkan kepada kita semua, bahwa segala sesuatu perubahan lingkungan yang ada di bumi ini yang mengakibatkan bencana lingkungan, adalah akibat dari ulah kita semua sebagai manusia.

Kini bagaimana kita menyikapi, mencegah, mengurangi untuk memperbaiki kerusakan lingkungan yang telah dilakukan. Kita sebagai mahasiswa memiliki peranan yang sangat penting, karena kita merupakan generasi muda yang nantinya akan menduduki dan memimpin bangsa ini, langsung ataupun tidak, kita harus mengetahui masalah lingkungan dan dampaknya terhadap kehidupan manusia yang kurang menguntungkan.

Sekarang apabila ditinjau dari perkembangan teknologi di muka bumi ini, sebagian besar memang memberikan kebaikan bagi umat manusia. Kita tidak dapat membayangkan kemajuan teknologi terutama di bidang informasi begitu cepat. Kejadian di manapun di belahan bumi ini akan cepat diketahui oleh banyak orang dimanapun mereka berada. Baik itu melalui media cetak, elektronik (seperti TV dan Radio) ataupun media internet yang bisa dilihat begitu mengagumkan.

Nah, terkait dengan kerusakan lingkungan yang ada disekitar kita, perkembangan ilmu dan teknologi akan sangat dapat membantu kita untuk mengetahui berita dari berbagai tempat dengan cepat dalam semua permasalahan yang ada.

Seperti yang kita lihat saat ini, permasalahan lingkungan yang terjadi di permukaan bumi ini, baik darat, laut maupun udara sungguh sudah sangat mencemaskan.

Pertambahan penduduk yang begitu tinggi setiap tahunnya, pencemaran udara, pencemaran sungai ataupun lingkungan, semuanya itu akibat dari perkembangan ekonomi. Sehingga mengakibatkan sebuah bencana bagi kehidupan.

Belum lagi permasalahan penyakit, sanitasi yang kurang baik, serta kekurangan air yang menyebabkan kekeringan atau untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Lebih baik melakukan apa yang bisa kita lakukan, mulai dari perubahan diri, kegiatan yang terkecil sekalipun, seperti :
·  Menghemat sumber daya alam
·  Mematikan lampu bila tidak digunakan
·  Menghemat penggunaan kertas
·  Membuang sampah  pada tempatnya

Nah, apabila itu kita lakukan bersama, maka itu akan sangat membantu bagi lingkungan dan pelestarian alam, serta bermanfaat bagi kehidupan kita baik itu secara langsung maupun tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar